Cara Menguasai Materi Untuk Presentasi Oral

By | December 10, 2021

Salah satu teknik yang dimiliki oleh pembicara publik yang hebat adalah https://www.jayawarta.com/ mengetahui materi mereka. Anda tidak bisa menjadi mekanik ahli dan memberikan pidato tentang “Cara Memanggang Steak Sempurna”. Sangatlah penting bagi seorang pembicara untuk menguasai topik yang akan disampaikannya sehingga pendengarnya mendapat informasi yang baik.

Bagaimanapun, Anda ingin dikenal sebagai pembicara yang andal sehingga sangat penting bagi Anda untuk menguasai topik Anda.

Belajar Presentasi 10 Menit? Bisa! | Listerine® Indonesia

Di bawah ini adalah 3 langkah mudah bagaimana Anda dapat menguasai materi Anda ketika Anda perlu berbicara kepada publik atau membuat presentasi lisan:

1. Buat garis besar.

Jangan pergi berperang tanpa persiapan.

Ketika Anda perlu memberikan pidato, pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk menyampaikan presentasi yang informatif.

Pertama, kumpulkan semua materi yang Anda bisa tentang topik tersebut.

Kedua, saring semua bahan tertulis yang Anda miliki dan pilihlah informasi yang berguna.

Baca artikel yang telah Anda pilih dari lot. Namun, jangan menghafalnya, karena ini bisa membuat Anda bingung jika Anda lupa bagian tertentu dari pidato Anda.

Bersikaplah sespontan mungkin, namun cukup berpengetahuan tentang topik tersebut. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menjawab setiap pertanyaan yang muncul melalui diskusi dengan cukup percaya diri.

Semakin sedikit yang Anda ketahui tentang topik tersebut, semakin besar kecemasan Anda akan meningkat.

2. Tinjau hasil pidato yang sebenarnya.

Sekarang setelah Anda kurang lebih telah mempersiapkan pidato Anda yang sebenarnya, Anda perlu meninjau kembali presentasi Anda.

Cermati garis besar dan pastikan bahwa Anda memiliki semua poin penting yang tercakup.

Misalnya, jika Anda memberikan pidato tentang “Teknologi Hibrida”, Anda mungkin pernah membahas definisi istilah tersebut tetapi melewatkan contoh-contoh produk teknologi hibrida.

Berikan perhatian yang cukup terhadap detail karena mungkin ada seseorang di antara audiens Anda yang tahu tentang topik Anda dan menunjukkan hal-hal yang gagal Anda diskusikan.

3. Latih dan kuasai materi akhir Anda.

Sebelum Anda diberikan topik untuk dipresentasikan, Anda terlebih dahulu diberitahu tentang waktu presentasi harus dijalankan.

Sangat penting untuk melatih pidato Anda dan menentukan dengan tepat berapa lama pidato itu akan berjalan.

Jika Anda hanya memiliki waktu dua puluh menit untuk mempresentasikan tetapi Anda memiliki cukup bahan untuk pidato tiga puluh menit, Anda masih dapat memangkasnya.

Akhirnya, dengan “mendengarkan diri Anda sendiri” melatih pidato, Anda akan memiliki pratinjau tentang bagaimana presentasi Anda yang sebenarnya akan berjalan dan membuat perbaikan yang diperlukan, sehingga menghasilkan presentasi lisan yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.