Cara Mengatasi Rasa Malu

By | January 9, 2022

goodscoop.id merupakan media online yang mempunyai visi “Portal Keuangan Islami”. Dengan misi ini, Good Scoop membagikan tips keuangan, cara mengatur finansial, meraih harta dengan cara Islam, dan menggaungkan muamalah syariah. Good Scoop juga merangkum berita ekonomi dan finansial dari sumber-sumber terpercaya dan kredibel

Artikel ini mencari cara untuk membantu orang membebaskan diri dari rasa malu. Saran ini berdasarkan pengalaman pribadi dan saya harap dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang.

5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malu pada Orang lain

Sebagai seorang anak dan memasuki masa remaja saya, saya adalah orang yang sering disebut sebagai orang yang sangat pemalu. Meskipun deskripsi ini benar, saya selalu ingin menjadi percaya diri dan terbuka seperti orang lain. Masalahnya adalah saya tidak tahu bagaimana mendapatkan harga diri ini dan merasa bersosialisasi sangat sulit.

Ada banyak alasan mengapa saya menjadi orang yang pemalu. Keluarga saya secara alami untuk alasan apa pun tampaknya selalu mengkhawatirkan sesuatu atau lainnya. Kita semua masuk dan keluar dari depresi dan pada dasarnya memiliki pandangan negatif tentang kehidupan.

Saya juga tumbuh dengan mengatasi masalah gagap yang seperti yang dapat Anda bayangkan tidak membantu tingkat kepercayaan diri saya sendiri dan hanya menambah apa yang sudah menjadi tugas sulit bergaul dengan orang lain. Saya akhirnya berhasil mencapai kefasihan tetapi hanya setelah menderita gangguan bicara selama delapan belas tahun.

Saya harus mengatakan bahwa saya selalu lebih suka menyendiri dan apa yang dilihat banyak orang sebagai penyendiri. Ketika saya sendirian, tidak ada yang bisa menyakiti saya dan saya juga tidak terancam gagap. Aspek anehnya adalah bahwa di dalam diri saya adalah orang yang sangat percaya diri yang sangat ingin menunjukkan kepada dunia, Steve Hill yang sebenarnya.

Menjadi pemalu membuat saya sulit untuk menjalin hubungan dengan wanita dan membuat kehidupan kerja saya juga lebih seperti paduan suara.

Pada usia sekitar dua puluh satu tahun, saya memutuskan untuk mencoba mengatasi rasa malu saya untuk selamanya. Saya harus memahami alasan sebenarnya di balik mengapa saya malu dan harus menghadapinya satu per satu. Saya bertanya pada diri sendiri banyak pertanyaan seperti:

Mengapa Anda takut pada orang? Ini karena saya takut tidak diterima atau disukai. Mereka mungkin menyakiti saya dengan menjadi agresif terhadap saya atau dengan mengejek saya tentang pidato saya dll. Ini adalah saya menjadi paranoid, jadi saya memutuskan bahwa jika saya tidak mencoba, saya tidak akan tahu.

Kenapa takut bersosialisasi? Ini karena saya merasa tidak banyak bicara dan percaya orang akan menganggap saya membosankan. Saya memutuskan untuk mencoba yang terbaik dan melihat apa yang terjadi.

Mengapa Anda tidak mendekati anggota lawan jenis? Ini karena saya pikir mereka hanya akan menyuruh saya pergi dan mereka tidak akan tertarik pada saya. Sekali lagi, jika saya tidak mencoba, bagaimana saya tahu.

Ini hanya tiga dari banyak pertanyaan yang saya tanyakan pada diri sendiri dan Anda mungkin dapat melihat pola yang terbentuk. Saya hanyalah seseorang yang takut untuk mencoba, takut gagal. Itu juga takut ditolak dan tidak disukai.

Sekarang saya menyadari bahwa dari sepuluh orang yang saya temui, tiga dari empat dari mereka mungkin tidak menyukai saya, tetapi itu berarti ada enam yang akan menyukai saya. Hidup ini terlalu singkat untuk terus-menerus paranoid dan stres. Saya harus berjuang melawan rasa malu saya dan membebaskan diri darinya untuk selamanya.

Saya sekarang memiliki lebih banyak kepercayaan diri daripada yang pernah saya miliki. Saya masih memiliki periode di mana saya menjadi pemalu tetapi ini menjadi semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Kesimpulannya, jika Anda tidak senang menjadi pemalu, bekerja keras untuk menghadapi dan memahami apa yang membuat Anda seperti ini. Saya yakin Anda dapat menjalani kehidupan yang jauh lebih santai dengan cara yang sama seperti yang telah saya lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.